Beranda > tips n tricks > TIPS MERAWAT PRINTER AGAR AWET

TIPS MERAWAT PRINTER AGAR AWET


Seperti hal-nya PC, printer pun perlu perawatan yang baik. Beberapa tip berikut ini mungkin berguna untuk memperpanjang usia printer.
1. Jangan Biarkan Printer Mati dalam waktu lama
Ada baiknya printer tidak dibiarkan mati / nganggur lebih dari 2 hari. Paling tidak gunakan untuk mencetak 2-3 lembar per dua hari dan jangan hanya warna hitam saja, tapi cobalah juga warna lainnya. Maksudnya adalah agar head tetap bekerja dengan baik dan tinta tidak kering & menggumpal yang akan mengakibatkan aliran tinta macet.
2. Jangan biarkan Cartridge Kosong.
Apabila anda menggunakan tinta isi ulang, maka isi segera Cartridge yang mulai kosong.
3. Jangan sentuh pin CMOS
Ketika melakukan pengisian ulang, pin CMOS jangan sampai tersenituh, karena pin CMOS sangat mungkin rusak akibat listrik statis dari tubuh kita.
4. Jangan ganti merk.
Sebaiknya tetap menggunakan merk tinta isi ulang yang sama ketika mengisi ulang. Namun apabila tidak memungkinkan, pastikan bahwa tinta pada cartridge sudah benar-benar habis. Apabila terjadi percampuran dikhawatirkan tejadi penggumpalan yang akan mengakibatkan cartridge tersumbat.
5. Jangan mencetak pada kertas kotor dan lecek
Mencetak sebaiknya menggunakan kertas yang bersih. Kertas yang berdebu dan lecek bisa mengakibatkan debu menempel pada head printer yang akan menyumbat aliran tinta.
6. Bersihkan Printer
Ketika hendak membersihkan printer gunakan kuas atau kain. Pada baian – bagian yang sempit gunakan kuas kecil dan pastikan printer dalam keadaan mati dengan kabel tercabut dari listrik.
7. Matikan Printer dengan benar
Pastikan anda telah menekan tombol off sebelum mencabut kabel power yang terhubung ke listrik. Apabila anda sering langsung mencabut kabel power tanpa mematikan tombol off pada printer dikhawatirkan akan mengakibatkan error pada BIOS printer. Lebih parah lagi apabila BIOS tersebut rusak secara fisik. Akibat lainnya adalah kemungkinan head printer belum pada posisi yang seharusnya, dan karena listrik langsung mati tiba-tiba maka head printer akan terhenti pada posisi yang tidak semestinya, sehingga akan mengakibatkan tinta mengendap dan mengering pada head printer.
8. Menutup printer
Apabila ingin menutup printer, gunakan kain saja, jangan menggunakan penutup yang benar-benar rapat. Udara lembab dapat mempercepat kerusakan pada printer.
9. Jangan langsung katikan printer setelah mencetak
Kebanyakan printer masa kini, memiliki bacaan jumlah mencetak. Apabila kita sering mematikan printer dalam satu hari, misalkan dalam satu harian kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 – 20 kali, kemungkinan anda akan diminta untuk melakukan reset pada penghitungan BIOS printer.
10. Jika tidak terpaksa, jangan cetak gambar yang sangat pekat
Gambar yang pekat, seperti tulisan ukuran besar atau gambar dengan warna hitam pekat, jika dilakukan sering-sering akan memperpendek usia head printer.
Itulah 10 tips perawatan printer agar awet. Sebenarnya hal tersebut diatas tidaklah terlalu merepotkan dan mungkin sepele saja, namun apabila anda melakukan ke 10 tips tersebut dengan benar, maka dijamin printer akan tahan lama.
Selamat Mencoba!!!

sumber : sini

Kategori:tips n tricks
  1. Februari 22, 2011 pukul 4:58 am

    terima kasih atas informasinya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: