Beranda > Uncategorized > Kejahatan semakin canggih [share aja]

Kejahatan semakin canggih [share aja]


Cuma mo share aja pas nemu artikel menarik tentang penipuan yang semakin canggih akhir-akhir ini, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita.

Temenku ini bekerja di salah satu BUMN di Surabaya,  adik perempuannya(sebut namanya Dian) kuliah di jogja  dan ayah ibunya berdomisili di sebuah desa di jawa  tengah tepatnya di desa Klampok di kabupaten  Banjarnegara.

Suatu hari tanggal 25 Maret 2005 Sang Ayah terima telp  dari orang yang mengaku sebagai pacar anak  perempuannya yg di jogja, kita sebut saja Eko. Eko  mengabarkan kalau Dian (anak nya si Ayah) kecelakaan,  kondisinya kritis dan harus dioperasi, Untuk Operasi  harus menebus obat-obatan dan peralatan oprasi sebesar  Rp. 20 juta.

Si ayah pun kaget dan cemas, tidak berapa lama ada  telp lagi yang mengaku sebagai teman kos anak nya yg  di jogja dan bilang bahwa anaknya itu kecelakaan dan  kondisinya sangat parah, kemudian disusul lagi  dengan telp dari orang yg mengaku sebagai dokter di  RS. Dr. Sardjito Jogja yang meyakinkan bahwa anaknya  harus segera di operasi serta membutuhkan dana Rp.20.000.000 (dua puluh juta) untuk obat2an dan  peralatan yang dibutuhkan untuk operasi tersebut.

Beruntung jarak antara ATM Bank dan rumah si Ayah  cukup jauh sehingga si ayah nggak bisa langsung  transfer dan kemudian si Ayah ini menelpon 2 anaknya  yang berada di Surabaya untuk melakukan transfer, nah  salah satu anak beliau ini adalah teman saya.Karena  sebelumnya dia sering mendengar kabar tentang penipuan  yang bermodus operandi seperti ini, maka dia menyarankan sang Ayah untuk tidak terburu2 melakukan  transfer dana seperti yg diinginkan si penelpon, dia  menyuruh ayahnya untuk melakukan konfirmasi dulu  untuk meyakinkan dan mendapat kabar yg “valid”.

Pertama di coba konfirmasi ke sepupunya yang juga  kuliah di jogja, tetapi handphonenya nggak aktif.Kedua  di coba konfirmasi ke Rumah sakit Dr Sarjito di Jogja,  dari 3 nomor yang diberikan oleh operator 108,  semuanya nggak bisa dihubungi.Yang ke tiga adalah  telepon tempat kosnya di jogya, and U know  what? Ternyata waktu di cross cek ke tempat kosnya di  jogja, si penerima telp mengatakan bahwa ibu kos dan  bapak kos sedang ke RS krn salah satu anak kos Dian  (yaitu adik dr temenku itu) kecelakaan dan sekarang sedang berada di RS dlm kondisi kritis.

So… bisa kebayang kan gimana perasaan Si Ayah n  kakaknya? Krn masi kurang percaya, temenku minta si  Ayah utk konfirmasi sekali lagi ke tempat kos adiknya. Dan tepat seperti dugaan anda, jawabannya tetap sama,  bahwa adiknya kecelakaan dan kondisinya sangat kritis.

Sementara itu RS. Dr Sardjito masih tetap tidak bisa  dihubungi sama sekali, bayangin!!Yang coba menghubungi  bukan hanya temenku, tapi juga istrinya, ayahnya,  saudaranya, hasilnya tetap sama “Gak Bisa Dihubungi”.

Sama sekali gak heran kalau Ayah temenku ini akhirnya  percaya kalau anaknya kecelakaan dan dia mulai memaksa  adik temenku yang lain yg kebetulan juga tinggal di  surabaya (mengingat jaraknya ke bank lebih dekat) untuk segera transfer dana sesuai jumlah yang diminta.

Tau sendiri kan, permintaan dari orang tua jauuuuuh,  sangat jauuuuuuh lebih sulit untuk ditolak. Gimana  kalo kita dibilang pelit lah, masa untuk adik sendiri  aja gak mau berkorban, so… runtuhlah pertahanan  temenku.

Waktu adiknya itu sudah sampai di ATM  terdekat dia telp ke temenku untuk memastikan apakah  tetap akan ditransfer. walaupun mereka masih ragu  dan masih percaya bahwa sebenernya ada yg gak beres,  but.. what can they say? Mrk udah coba telp ke kos,  dan mereka menganggap bahwa temen2 kos adiknya itu gak  bakalan bikin kebohongan konyol kayak gini, sementara  sepupu mrk yg berada di jogja juga gak bisa dihub dan  parahnya RS. Dr. Sardjito juga gak ter “raih”.

Akhirnya temenku telp ke orang yg mengaku pacar  adiknya itu(sesuai no. yg dia kasih waktu pertama kali telp) dan minta dibantuin utk “nego” ke apotik RS  supaya mereka bisa bayar uang muka dulu. Gak berapa  lama si anak ini telp lagi n bilang boleh, jadi RS nya minta Rp. 5 juta dulu dan harus secepatnya  ditransfer.

Akhirnya….ditransferlah 5 juta ke no. rek yg telah di informasikan sebelumnya,ternyata rek. Tersebut atas nama PT Farmasi Mitra, gimana mereka  gak tambah yakin coba? (mohon maaf sama sekali bukan  bermaksud menjelek2kan, toh kita semua tau bahwa  “penjahat” sangat mungkin buka rek atas nama siapapun  or perush apapun sepanjang mrk bisa bikin dokumen2 yang mana itupun sangat mudah dipalsu).

But after that ¼ jam kemudian, tiba2 semua no telp  yang sebelumnya tidak bisa mereka hub. sekarang “BISA” mereka langsung telp lagi ke kos adiknya di Jogja,  dan kata Ibu kosnya dia dari tadi di rumah, enggak kemana2 dan gak ada kabar tentang kecelakaan apapun. Dan dari pagi memang telp rumahnya nggak bisa dipakai  dan pagi-pagi memang sudah ada orang yang mengaku  dari Telkom yang mengatakan bahwa akan ada perbaikan  jaringan sehingga nomornya akan mati sampai dengan  jam 2 siang.

Bisa ditebak kan? Jadi artinya mulai pagi  telp kos adik temenku itu sudah di blok dan dialihkan  sehingga pada waktu mau konfirmasi ke tempat kos bisa langsung dijawab oleh si penipu . RS. Dr. Sardjito juga langsung bisa dihubungi dan  informasinya pagi hari itu sama sekali tidak ada  kecelakaan seperti yg dimaksud dan tidak ada pasien  yg bernama seperti nama Dian adik temenku itu.

Artinya kesibukan telepon di RS Dr Sarjito juga sudah  dikondisikan,karena kemudian dicoba beberapa kali  telepon langsung masuk. Dan waktu adik temenku n sepupunya yg ada di jogja  berhasil di hub.ternyata HP mereka hari itu semenjak  pagi tidak bisa digunakan dan tampilan di layar HP  adalah “Card Error”.

Melihat pengalaman tersebut, ternyata penipuan semacam  itu semakin canggih, beberapa hal yang tidak  terbayangkan sebelumnya adalah :

1. Ternyata telepon Rumah sangat mudah di blok dan  dialihkan sehingga bisa meyakinkan korban.

2. Ternyata telepon GSM juga sangat mudah di buat  Error  sehingga nggak bisa dihubungi.

3. Ternyata Telepon Rumah Sakit yang menggunakan PABX  dengan beberapa line juga sangat mudah dikondisikan  untuk menjadi sibuk.

Please jadiin ini sebagai pelajaran buat kita supaya  agar tetap terus waspada, aku gak tau deh mau kasi  saran apa, kayaknya otak para penjahat selaluuuuuu  lebih maju, tapi yang jelas kebenaran pasti akan  selalu mengalahkan kejahatan, jadi yang penting adalah  kita harus selalu berdoa dan mohon untuk selalu  dijauhkan dan dihindarkan dari kejahatan, amin..

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: